9 Kreteria Wanita Cantik Menurut Al-Quran Dan Sunah

Menjadi cantik bagi wanita pastinya sudah menjadi sunatullah, berbagai macam alat kecantikan, perhiasan, baju dan perlengkapan untuk menunjang kecantikan dan keserasian dalam berpenampilan rela dilakukan. Namun Islam memandang kecabtikan wanita bukanlah dari sebuah penampilan belaka, tetapi sebuah perilakunya. Perilaku wanita juga mendapat perhatian dalam Islam, misalnya berlenggak-lenggok, berbicara dibuat-buat dengan manja dan masih banyak lainnya.

Islam ternyata memiliki penilaian sendiri mengenai ciri-ciri wanita cantik dalam Islam yang tentu saja Syar’I dan cantik luar dalam, bukan hanya perkara fisik saja. Hingga akhirnya semua muslimah mengetahui bahwa wanita itu lebih cantik secara akhlak.

Pedoman hadis yang diriwayatkan oleh Bukhari, Muslim, al-Nasa’i, Abu Dawud Ibn Majah Ahmad ibn Hanbal, dan al-Darimi dalam kitabnya dari sahabat Abu Hurairah ra.mengatakan bahwa:

“Perempuan dinikahi karena empat faktor. Karena hartanya, nasabnya, kecantikannya dan karena agamanya. Maka menangkanlah wanita yang mempunyai agama, engkau akan beruntung”.

Walaupun demikian, cantik alami wajah juga tidak bisa dihindarkan begitu saja, jika bisa balance kedua-duanya itulah hadiah dari Allah terbesar untuk para wanita. Berikut merupakan ciri-ciri wanita cantik menurut Islam :

1. Sentiasa menjaga pandangan agar kelihatan sopan dan terpuji (surah an-Nur 24:31)

2. Tidak bergaul bebas dengan kaum lelaki ajnabi, kecantikan dipelihara tanpa dipertontonkan. (HR Bukhari)

3. Pembawaan diri sopan, tegas, dan bersahaja. (Surah al-Qasos:25)

4. Senantiasa bercakap dengan nada suara tidak di manja-manjakan dan tidak dilembut-lembutkanan (surah al-Ahzab:32)

5. Menjauh gaya tabarruj, penggayaan diri yg mengganggu fitnah lelaki hingga menarik kepada dirinya (surah al-ahzab:33)

6. Berpakaian membawa identiti wanita mukminah (surah al-Ahzab:59)

7. Senantiasa bersih dan berbau segar (HR Bukhari)

8. Tidak mengubah ciptaan Allah seperti pembedahan plastik, membuat tato, mencukur alis, dan sebagainya. (Surah an-Nisa:119, HR Bukhari, Muslim, Abu Daud, dan at-Thirmizi)

9. Tidak meniru penampilan kaum lelaki dari cara berpakaian, bercakap serta pembawaan diri (HR Ibnu Abbas)

Dapat disimpulkan bahwa sebenarnya seluruh wanita itu tidak ada yang buruk, semuanya cantik jika bisa menempatkan dirinya dengan baik dan mengikuti cirri-ciri diatas, apalagi bagi kalian yang mengaku sebagai wanita muslimah untuk bisa ditiru oleh seluruh muslimah didunia agar bisa cantik lahir dan batin.