Doa Ketika Menghadapi Kesulitan Dalam Pekerjaan

Setiap pekerjaan memiliki kadar kesukarannya masing-masing. Ada pekerjaan yang terasa ringan dan cepat diselesaikan. Tetapi ada pula yang berat.

Segala jenis beban pekerjaan pasti akan menimpa seseorang. Besar kemungkinan, sebuah pekerjaan begitu sulit dikerjakan lantaran yang mendapat tugas belum memahami alur pekerjaan itu.

Apabila seseorang berada dalam situasi semacam ini, dia dianjurkan untuk berpasrah diri. Selain itu, hendaklah dia meminta pertolongan kepada Allah SWT agar pekerjaan sulit yang dihadapi dapat dikerjakan dengan mudah.

Lantunkan doa di bawah ini jika sedang menghadapi pekerjaan sulit:

اللَّهُمَّ لاَ سَهْلَ إِلاَّ مَا جَعَلْتَهُ سَهْلاً وَأَنْتَ تَجْعَلُ الحَزْنَ إِذَا شِئْتَ سَهْلاً

“Allahumma laa sahla illa maa ja’altahu sahlaa, wa anta taj’alul hazna idza syi’ta sahlaa”

Ya Allah, tidak ada kemudahan kecuali yang Engkau buat mudah. Dan engkau menjadikan kesedihan (kesulitan), jika Engkau kehendaki pasti akan menjadi mudah.

Faedah singkat dari doa di atas:

  1. Yang namanya kemudahan hanya datang dari Allah. Sesuatu yang sulit sekalipun boleh menjadi mudah jika Allah kehendaki.
  2. Hendaklah hati selalu bergantung pada Allah, bukan bergantung pada diri sendiri yang lemah. Jika hati terlalu yakin atau terlalu PD (percaya diri) sehingga melupakan Rabb di atas sana, maka sungguh urusan tersebut akan semakin sulit. Ingatlah bahwa barangsiapa yang senantiasa bertawakkal pada Allah, maka Allah akan mempermudah urusannya.
  3. Manusia punya kehendak. Namun kehendak tersebut boleh terealisasi dengan baik dan sempurna, jika Allah menghendakinya. Oleh karena itu, hati seharusnya bersandar pada Sang Kholiq, Allah Ta’ala.
  4. Perlunya beriman kepada takdir ilahi dengan baik sehingga tidak membuat seseorang semakin sedih atas musibah atau kesulitan yang menimpanya.
  5. Takdir di satu sisi terasa menyakitkan. Namun jika kita memandang dari sisi lain, pasti ada yang terbaik dan hikmah yang besar di balik itu semua. Yakinlah!

Sumber: rumaysho.com